Minggu, 21 Oktober 2012



 BAB 18

 MANAJEMEN KEUANGAN 

Peran keuangan dan manajer keuangan

  • Keuangan (finance) adalah fungsi dari sebuah bisnis yang menangani perolehan dana bagi perusahaan dan pengelolaan dana tersebut didalam perusahaan.
  • Manajemen keuangan (finance management) adalah pekerjaan mengelola sumber daya perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya.
  • Manajer keuangan (finance managers) menilai data keuangan yang disiapkan akuntan dan membuat rekomendasi bagi manajemen tingkat atas mengenai strategi-strategiuntuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.
  • Manajemen keuangan dapat juga ditangani oleh seseorang yang menjabat sebagai treasurer perusahaan atau wakil direktur keuangan.tugas seorang manajer ada dua tanguung jawab utama yaitu untuk mendapatkan dana dan untuk mengendalikan penggunaan dana tersebut secara efektif. Pengendalian dana mencakup pengelolaan kas perusahaan, akun kredit (piutang), dan persediaan.
  • Ada 3 penyebab utama bagi perusahaan untuk gagal secara keuangan yaitu :
1. Kekurangan modal atau undercapitalization (tidak memiliki cukup dana untuk memulai bisnis)
2. Pengendalian arus kas yang buruk
3. Pengendalian biaya yang tidak memadai
Hal-hal yang dapat dilakukan oleh manajer keuangan adalah
  1. melakukan auditing
  2. mengelola pajak
  3. memberikan saran bagi manajemen tingkat atas mengenai hal-hal keuangan
  4. mengumpulkan dana (manajemen kredit)
  5. mengendalikan dana (manajemen dana)
  6. memperoleh dana
  7. menyusun anggaran
  8. melakukan perencanaan
 PERENCANAAN KEUANGAN
Perencanaan keuangan meliputi tiga langkah:
1. Memproyeksikan kebutuhan keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang
2. Menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut
3. Mengembangkan kendali keuangan untuk melihat seberapa baik perusahaan dalam menjalankan hal-hal yang telah ditetapkan harus dilakukan.
Memproyeksikan kebutuhan Keuangan
Proyeksi jangka pendek (short-term forecast) memprediksi pendapatan,biaya, dan beban untuk periode satu tahun atau kurang.
Proyeksi arus kas (cash flow forecast) yang memprediksi arus kas masuk dan keluar dalam periode mendatang.
Proyeksi jangka panjang (long-term forecast) memprediksi pendapatan, biaya, dan beban untuk periode lebih lama dari 1 tahun dan terkadang selama 5 atau 10 tahun mendatang.
Bekerja dengan proses anggaran
Anggaran (budget) menjelaskan harapan-harapan manajemen atas pendapatan dan dengan dasar harapan-harapan tersebut mengalokasikan penggunaan sumber daya tertentu diseluruh perusahaan.
Ada beberapa tipe anggaran yang dikembangkan didalam rencana keuangan perusahaan :
1. Anggaran Modal
2. Anggaran Kas
3. Anggaran Operasional (master)
Anggaran Modal (Capital Budget) menyoroti rencana pengeluaran perusahaan untuk pembelian aset” utama yang sering kali memerlukan jumlah uang yang sangat besar.
Anggaran Kas (cash budget) memperkirakan proyeksi arus kas masuk dan keluar yang dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui kekurangan atau kelebihan kas selama periode tertentu.
Anggaran Operasional atau Anggaran Master (Operating Budget or Master Budget) menngikat erat semua anggaran perusahaan lainnya dan meringkas aktivitas keuangan bisnis yang direncanakan.
Mengembangkan Kendali Keuangan
Kendali Keuangan (financial control)adalah proses dimana sebuah perusahaan secara rutin membandingkan pendapatan, biaya, dan beban aktualnya dengan anggarannya.
KEBUTUHAN AKAN DANA OPERASIONAL
Semua organisasi memiliki kebutuhan operasional tertentu yang mana dana harus tersedia. Area area inti mencakup :
· Mengelola kebutuhan sehari-hari bisnis
· Mengendalikan operasional kredit
· Memperoleh persediaan yang dibutuhkan
· Melakukan pengeluaran modal (Capital expenditure) merupakan investasi utama, baik pada aset berwujud tanah,gedung dan peralatan maupun aset tak berwujud.
 memperoleh pendanaan jangka pendek
 kita dapat memperolehnya dengan cara kredit dagang adalah praktik membeli barang atau jasa dari perusahaan-perusahaan, keluarga dan teman, bank komersial, pinjaman dengan anggunan maksudnya suatu pinjaman yang didukung oleh sesuatu yang bernilai seperti properti, pinjaman tanpa anggunan maksudnya suatu pinjaman yang tidak didukung oleh aset tertentu apa pun, anjak piutang adalah proses menjual piutang usaha untuk memperoleh kas, surat utang komersial merupakan surat sanggup bayar tanpa anggunan, kartu kredit.
Memperoleh pendanaan jangka panjang dengan cara
1.Pendanaan Utang, meliputi:
a. Pendanaan utang meminjam utang dari lembaga pinjaman
b. Pendanaan utang menerbitkan obligasi yang merupakansurat hutang yang diterbitkan oleh     perusahaan lokal, asing dan lain-lain. Mekanismenya semacam bursa saham dan kewajibannya untuk melunasi dalam jangka waktu tertentu.
2. Pendanaan Ekuitas
a. Pendanaan ekuitas dengan menjual saham
b. Pendanaan ekuitas dari saldo laba
c. Pembiayaan ekuitas dari modal ventura, modal ventura adalah uang yang diinvestasikan ke perusahaan baru atau sedang tumbuh yang dipersepsikan memiliki potensi laba yang besar.
Memperoleh dana yang dibutuhkan dengan cara meminjam untuk meningkatkan tingkat pengembalian perusahaan disebut pengukit. Perusahaan sangat peduli dengan biaya modal. Biaya modal adalah tingkat pengembalian yang  harus diperoleh perusahaan untuk memenuhi permintaan dari pemberi pinjaman dan harapan dari pemegang ekuitas.

BAB 11 Manajemen Sumber Daya Manusia: Menemukan dan Mempertahankan karyawan terbaik


BAB 11

Manajemen Sumber Daya Manusia: Menemukan dan Mempertahankan karyawan terbaik


·        Manajemen sumber daya manusia adalah proses penentuan kebutuhan sumber daya  manusia dan kemudian perekrutan, penyeleksian, pengembangan, pemotivasian, pengevaluasian, pemberian kompensasi dan penjadwalan karyawan untuk mencapai tujuan organisasional

Mengembangkan Sumber Tertinggi
        Saat ini,pekerjaan manajemen sumber daya manusia menjadi peran yang sama sekali baru dalam perusahaan.Di masa depan, hal ini dapat menjadi fungsi yang paling penting dalam sebuah bisnis orang-orang.
Tantangan Sumber daya Manusia
·        Kekurangan orang yang terlatih dalam bidang-bidang pertumbuhan di masa depan
·        Banyaknya populasi pekerja yang terampil dan tidak terampil dari industri  yang mengalami penurunan
·        Semakin meningkatnya presentase pekerja baru yang kurang terdidik dan tidak siap untuk pekerjaan dalam lingkungan bisnis zaman sekarang
·        Peralihan dalam komposisi angkatan kerja
·        Peralihan dalam sikap karyawan terhadap pekerjaan
Menentukan kebutuhan sumber daya manusia
        5 langkah yang dilibatkan dalam proses perencanaan sumber daya manusia:
·        Mempersiapkan inventaris sumber daya manusia dari karyawan organisasi
·        Mempersiapkan analisis pekerjaan
§         Analisis pekerjaan adalah studi akan apa yang dilakukan oleh para karyawan yang memegang berbagai jabatan pekerjaan
§         Deskripsi pekerjaan adalah Rangkuman akan tujuan pekerjaan, jenis pekerjaan yang harus dilakukan,tanggung jawab dan kewajiban,kondisi kerja dan hubungan pekerjaan dengan fungsi lain
§         Spesifikasi pekerjaan adlah rangkuman tertulis tentang kualifikasi minimum yang dibutuhkan dari para pekerja untuk melakukan pekerjaan tertentu
·        Menilai permintaan sumber daya manusia
·        Menilai persediaan masa depan
·        Membuat rencana strategis
Merekrut Karyawan dari beragam populasi
        Perekrutan adalah rangkaian aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan jumlah orang yang tepat yang memadai pada saat yang tepat
        Tujuannya untuk menyeleksi mereka yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
        Karena perekrutan merupakan tugas sulit yang melibatkan mencari,mempekerjakan,dan melatih orang-orang yang sesuai secara teknis dan social,para manajer sumber daya manusia mencari banyak sumber bantuan.
Sumber-sumber ini dikelompokkan sebagai sumber internal atau eksternal.
Sumber internal meliputi karyawan yang sudah berada di dalam perusahaan dan karyawan yang dapat merekomendasikan orang lain untuk mempekerjakan.
Menyeleksi Karyawan yang akan produktif
        Seleksi adalah proses mengumpulkan informasi dan memutuskan siapa yang harus dipekerjakan dibawah garis pedoman hukum untuk kepentingan terbaik individu tersebut dan organisasi
        Proses seleksi yang umum melibatkan  6 langkah :
·        Mendapatkan formulir lamaran yang lengkap
·        Melakukan wawancara awal dan wawancara lanjutan
·        Memberikan tes pekerjaan
·        Melakukan investigasi latar belakang
·        Mendapatkan hasil dari tes fisik
·        Menentukan periode percobaan(masa percobaan)
Memperkerjakan pekerja kontingen
        Pekerja kontingen adalah pekerja yang tidak memiliki harapan akan pekerjaan purnawaktu yang tetap.
        Pekerja yang seprti ini meliputi:
·        Pekerja paruh waktu(siapapun yang bekerja 1 sampai 34 jam perminggu)
·        Pekerja temporer(pekerja yang dibayar oleh agensi pekerjaan temporer)
·        Pekerja musiman
·        Kontraktor independen
·        Dokter rumah sakit
·        Murid magang
Melatih dan mengembangkan karyawan unttuk kinerja yang optimal
        Pelatihan dan pengembangan adalah semua upaya untuk memperbaiki produktivitas dengan meningkatkan kemampuan bekerja karyawan. Pelatihan berfokus pada ketrampilan jangka pendek, sementara pengembangan berfokus pada jangka panjang
Program pelatihan maupun pengembangan meliputi 3 langkah:
·        kebutuhan pelatihan
·        Merancang aktivitas pelatihan untuk  memenuhi kebutuhan yang diidentifikasikan
·        Mengevaluasi efektivitas pelatihan
        Berikut beberapa aktivitas pelatihan dan pengembangan yang umum:
·        Orientasi Karyawan
Adalah aktivitas yang memperkenalkan karyawan baru pada organisasi;pada teman karyawan;pada penyelia langsung mereka;dan pada kebijaksanaan,praktik dan objektif perusahaan
·        Pelatihan pada pekerjaan
Adalah dimana karyawan dengan segera memulai tugasnya dan belajar dengan melakukan, atau mengamati orang lain untuk sementara waktu dan kemudian meniru mereka,semuanya di tempat kerja
·        Program magang
Adalah program pelatihan yang melibatkan satu periode dimana pelajar bekerja berdampingan dengan seorang karyawan yang berpengalaman untuk menguasai ketrampilan tersebut dan prosedur keahlian
·        Pelatihan diluar pekerjaan
Adalah pelatihan yang dilakukan jauh dari tempat kerja dan terdiri atas program internal atau eksternal untuk mengembangkan berbagai ketrampilan atau untuk memajukan perkembangan pribadi
·        Pelatihan online
Adalah program pelatihan dimana para karyawan menghadiri kelas via internet
·        Pelatihan vestibula
Adalah pelatihan yang dilakukan di kampus dimana karyawan diajari tentang peralatan yang digunakan dalam pekerjaan tersebut
·        Simulasi pekerjaan
Adalah penggunaan peralatan yang meniru kondisi pekerjaan dan tugas, sehingga pengikut latihan dapat mempelajari ketrampilan tersebut sebelum mencobanya dalam pekerjaan
Pengembangan Manajemen
        Pengembangan manajemen adalah proses melatih dan mendidik karyawan untuk menjadi manajer yang baik,dan terus memonitor kemajuan ketrampilan manajerial mereka.
        Sebagian besar program pelatihan mencakup beberapa hal sebagai berikut:
·        Pelatihan pada pekerjaan
·        Posisi cadangan
·        Rotasi pekerjaan
·        Pelatihan dan kursus di luar pekerjaan
Jaringan
        Jaringan adalah proses membangun dan memelihara kontak dengan manajer utama dalam organisasi sendiri dan organisasi lain dan menggunakan kontak itu untuk menjalin hubungan yang kuat yang berfungsi sebagai system perkembangan informal.
        Mentor adalah karyawan yang berpengalaman yang mengawasi,melatih dan membimbing karyawan tingkat rendah dengan memperkenalkan mereka pada orang yang tepat pada umumnya dan sponsor organisasional mereka
Menilai Kinerja Karyawan guna mendapatkan hasil yang optimal
        Penilaian kinerja adalah evaluasi yang mengukur tingkat kinerja karyawan terhadap standar yang sudah ada untuk mengambil keputusan tentang promosi, kompensasi, pelatihan tambahan atau pemecatan.
        Penilaian kinerja terdiri atas 6 langkah:
·        Menentukan standar kinerja
·        Mengkomunikasikan standar tersebut
·        Mengevaluasi kinerja
·        Mendiskusikan hasil dengan karyawan
·        Mengambil tindakan korektif
·        Menggunakan hasilnya untuk mengambil keputusan

Memberikan Kompensasi pada karyawan: menarik dan memelihara yang terbaik
        Program kompensasi dan tunjangan yang telah dilaksanakan dengan saksama dapat mencapai beberapa tujuan:
·        Menarik jenis orang yang dibutukan oleh organisasi dan dalam jumlah yang memadai
·        Member karyawan dorongan untuk bekerja secara efisien dan produktif
·        Mencegah karyawan yang berharga meninggalkan perusahaan dan masuk ke perusahaan pesaing atau memulai perusahaan pesaing
·        Mempertahankan posisi yang kompetitif di pasar dengan cara menekan biaya melalui produktivitas yang tinggi dari angkatan kerja yang puas
·        Member karyawan keamanan financial melalui asuransi dan tunjangan pension
Sistem Bayaran
  • ·        Gaji
Adalah Kompensasi tetap yang dihitung berdassarkan periode bayaran setiap minggu,setiap dua minggu atau setiap bulan
  • ·        Upah setiap jam atau upah harian
Adalah upah yang didasarkan pada jumlah jam atau hari kerja digunakan untuk sebagian besar pekerja administrasi dan pekerja industri
  • ·        System pekerjaan yang dibayar menurut hasil yang dikerjakan
Adalah upah didasarkan pada jumlah barang yang diproduksi daripada jam atau hari
  • ·        Rencana komisi
Adalah bayaran pada presentase penjualan
  • ·        Rencana bonus
Adalah  bayaran ekstra untuk mencapai atau melebihi tujuan-tujuan tertentu
  • ·        Rencana pembagian laba
Adalah bonus tahuna yang diberikan pada karyawan berdasarkan pada laba perusahaan
  • ·        Rencana pembagian keuntungan
Adalah bonus tahunan yang diberikan pada karyawan berdasarkan pada pencapaian tujuan tertentu sebagai ukuran kualitas,ukuran kepuasan pelanggan dan target produksi
  • ·        Opsi saham
Adalah hak untuk membeli saham dalam perusahaan pada harga tertentu selama periode waktu tertentu
Tunjangan Tambahan
        Tunjangan tambahan seperti upah cuti sakit,upah liburan,rencana pension dan rencana kesehatan yang mewakili kompensasi tambahan untuk para karyawwan diluar upah dasar

        Tunjangan tambahan gaya kafetaria yaitu rencana tunjangan tambahan yang memungkinkan karyawan untuk memilih tunjangan yang mereka inginkan sampai dengan jumlah uang tertentu


Bab 9 : Memproduksi Barang dan Jasa kelas Dunia

 
Yang dilakukan pemanufaktur Amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitif :
· Berfokus pada pelanggan
· Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
· Mempraktikkan pengembangan yang kontinu
· Berfokus pada kualitas
· Menghemat biaya melalui seleksi tempat
· Mengandalkan internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan
· Menggunakan teknik produksi yang baru
DARI PRODUKSI KE MANAJEMEN operasi
·        Produksi (production) adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan factor-faktor produksi : tanah, tenaga kerja, kewirausahaan, dan pengetahuan. Menurut sejarah, produksi telah dihubungakan dengan manufaktur, tetapi sifat bisnis telah berubah secara signifikan dalam kurang lebih 20 tahun terakhir. Sector jasa, termasuk layanan internet telah berkembang secara dramatis.
·        Manajemen produksi (Production management) merupakan istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan untuk semua aktivitas yang dilakukan manajer untuk membantu perusahaan mereka dalam menghasilkan barang. Untuk mencerminkan perubahan dalam kepentingan ari manufaktur ke jasa, istilah produksi sering diganti dengan operasi untuk mencerminkan produksi barang dan jasa.
·        Manajemen operasi (operations management) adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber menjadi barang dan jasa. Ini mencakup manajemen inventaris, control kualitas, perencanaan produksi, jasa follow-up, dll. Setiap tahun, perusahaan menemukan cara otomatisasi baru untuk meniadakan kebutuhan akan tenaga kerja.
Proses Produksi.
Form Utility adalah : nilai yang ditambahkan dengan pembuatan barang dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan menggunkan silicon dan membuat chip komputer atau menggabungkan layanan untuk menciptakan paket liburan.Tiga syarat dasar produksi :
* Membuat dan mengirimkan produk sebagai respon terhadap permintaan pelanggan pada waktu pengiriman yang telah ditentukan.
* Memberikan tingkat kualitas yang dapat diterima.
* Memberikan segalanya dengan harga yang serendah mungkin.
·        Manufaktur proses : bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan.
·        Proses perakitan :bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen.
MASUKAN      →     KONTROL PRODUKSI     →    HASIL
Tanah                                  Perencanaan                      Barang
Tenaga kerja                      Pengarahan                         Jasa
Modal                                   Penjadwalan                        ide
Kewirausahaan                 Pengiriman
pengetahuan                      Follow-up
·        Proses sebentar-bentar adalah proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan masih sering diubah untuk membuat produk-produk yang berbeda.
·        Proses yang berkelanjutan :proses produksi dimana proses produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali –kali..
Tujuan utama dari manufaktur dan manajemen operasi adalah untuk menyediakan produk dan jasa berkualitas tinggi secara instan sebagai respons terhadap permintaan pelanggan. Beberapa perkembangan besar telah secara radikal mengubah proses produksi di Amerika Serikat, menjadikan perusahaan-perusahaan As lebih kompetitif : {1} manufaktur dan desain yang dibantu dengan komputer, {2} manufaktur yang fleksibel, {3} manufaktur yang ramping dan {4} penyesuaian masa.
1.       Manufaktur dan desain yang dibantu dengan komputer
Desain yang dibantu dengan computer (computer-aided desaign-CAD) penggunaan computer dalam desain produk. Manufaktur yang dibantu dengan computer (computer-aided manfucaturing-CAM) penggunaan computer dalam manufaktur produk. Manufaktur yang diintegrasi oleh computer (computer-integrated manufacturing-CIM) penyatuan desain yang dibantu computer dengan manufaktur yang dibantu dengan computer.
2.      Manufaktur yang flexibel : merancang mesin untuk mengerjakan banyak tugas sehingga mesin tersebut dapat mnghasilkan beragam produk.
3.       Manufaktur yang ramping : produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa.
4.      Penyesuaian massa : menyesuaikan produk untuk untuk memenuhi kebutuuhan pelanggan individual.
Perencanaan Manajemen Operasi.       
Ø      Lokasi Fasilitas.
Adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan.
Ø      Lokasi Fasilitas untuk Para Manafaktur.
Mengapa perusahaan-perusahaan bersedia menghabiskan jutaan dolar untuk memindahkan fasilitas mereka dari satu lokasi ke lokasi lain? Isu-isu yang mempengaruhi pemulihan tempat meliputi biaya tenaga kerja, ketersediaan sumber seperti tenaga kerja, akses menuju transportasi yang dapat mengurangi waktu ke pasar, kedekatan dengan pelanggan, angka kejahatan yang rendah, kualitas kehidupan untuk karyawan, biaya hidup dan kemampuan untuk melatih atau melatih kembali angkatan kerja lokal.
Ø      Membawa Manajemen Operasi ke Internet.
Banyak perusahaan manufaktur besar mengembangkan strategi yang berfokus pada internet baru yang akan memampukan mereka dan perusahaan lain untuk bersaing secara lebih efektif dimasa depan.
Ø      Lokasi fasilitas di masa depan.
Perkembangan dalam teknologi informasi memberi perusahaan dan para karyawan fleksibilitas lebih ketimbang yang ada sebelumnya dalam memilih lokasi ketika tinggl dalam lingkungan kompetitif.
Ø      Tata ruang fasilitas
Tata ruang fasilitas adalah susunan fisik sumber (termasuk orang-orang) dalam proses produksi
Ø      Perencanaan persyaratan bahan (materials requirement planning-MRP)
adalah system manajemen operasi yang berbasis computer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat di satu perusahaan tertentu.
Ø      Perencanaan sumber perusahaan (enterprise resource planning-ERP)
 adalah aplikasi lomputer yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi
Ø      Pembelian
Pembelian adalah fungsi dalam sebuah perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa.
Ø      Kontrol Inventaris Yang Tepat Pada Waktunya
Proses produksi dimana inventaris minimum disimpan di dalam gudang serta bagian persediaan dan kebutuhan lain dikirimkan tepat pada waktunya ke lini perakitan.
Ø      Control kualitas
Kualitas adalah secara konsisten memproduksi pa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman kepada pelanggan. Produk diselesaikan dan kemudian diuji. Ini mengakibatkan beberapa masalah :
a. Ada kebutuhan untuk menginspeksi pekerjaan orang lain. Dibutuhlan ekstra orang dan sumber.
b. Apabila ditemukan kesalaha, seseorang harus membetulkan kesalahan atau membatalkan produk tersebut.
c. Apabila pelanggan menemukan kesalahan, ia dapat merasa tidak puas dan bahkan dapat memebeli dari orang lain setelahnya.
Ø      Standar ISO 9000 dan ISO 14000
ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualitas dan standar yang terjamin.
ISO 14000 adalah kumpulan praktik terbaik untuk mengelolah pengaruh organisasi terhadap lingkungan.
Ø      PROSES KENDALI :Pert dan Bagian Gantt.
Evaluasi program dan teknik tinjauan adalah metode untuk menganalisis tugas yang terlibat di dalam penyelesaian proyek tertentu, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas dan identifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek. Jalan penting adalah dalam jaringan PERT, urutan tugas yang membutuhkan waktu penyelesaian paling lama. Bagan Gantt adalah bagan batang yang menunjukkan kepada manajer produksi proyek yang sedang dikerjakan dan tingkatnya dalam waktu tertentu.

BAB 13 MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN


MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga,promosi serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional.
Konsep pemasaran adalah filosofi bisnis yang terbagi menjadi tiga bagian, yang pertama orientasi pelanggan, yang kedua orientasi jasa, dan yang ketiga orientasi laba.
·        Evolusi pemasaran di Amerika Serikat :
1. Era Produksi
Filosofi umum bisnis “Produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas” dari kali pertama penghuni eropa memulai perjuangan mereka untuk bertahan hidup di amerika sampai awal tahun 1900-an, dengan kapabilitas produksi yang terbatas dan banyaknya permintaan untuk produk-produk pada zaman itu, filosofi yang seperti ini logis dan menguntungkan. Sehingga tujuan bisnis berpusat pada produksi.
2. Era Penjualan
Pada tahun 1920-an, bisnis telah mengembangkan teknik produksi massa,dan kapasitas produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh karena itu, filosofi bisnis berubah dari penekanan pada produksi menjadi penekanan pada penjualan.
3. Era Konsep Pemasaran
Pada tahun 1945 tahun-tahun pasca perang menghasilkan baby boom dan ledakan pengeluaran konsumen sangat sengit. Bisnis mengakui kebutuhan untuk bersikap reponsif terhadap konsumen apabila mereka ingin mendapatkan bisnis mereka, dan pada tahun 1950-an muncullah filosofi yang disebut konsep pemasaran.
Konsep pemasaran memiliki tiga bagian yaitu :
o       Orientasi pelanggan artinya menemukan apa yang diinginkan konsumen dan menyediakannya bagi mereka.
o       Orientasi Jasa artinya pastikan semua orang di dalam organisasi mempunyai tujuan yang sama yakni untuk kepuasaan pelanggan.
o       Orientasi Laba artinya focus pada barang dan jasa yang akan menghasilkan laba terbanyak dan memungkinkan organisasi untuk bertahan dan melakukan perluasan untuk melayani lebih banyak keinginan dan kebutuhan konsumen.
4. Era Hubungan Pelanggan
Pada tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, para manejer mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakan konsep manejemen hubungan pelanggan.
Manejemen hubungan pelanggan : proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang anda dapat lakukan untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka dengan barang dan jasa.

Organisasi nirlaba dan pemasaran
Meskipun konsep pemasaran menekankan orientasi laba , pemasaran merupakan bagian penting dari hampir semua organisasi.
Pemasaran pada kenyataannya digunakan untuk mempromosikan segalanya dari paham lingkungan dan pencegahan kejahatan samapai isu sosial.
Bauran Pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran meliputi: produk, harga tempat, dan promosi.
·        Manajer Pemasaran dan Bauran Pemasaran
Manajer Pemasaran harus memilih cara untuk mengimplementasikan empat program dari bauran pemasaran yang telah disebutkan diatas yang tujuannya untuk menyenangkan pelanggan dan mendapatkan laba.
·        Merancang Produk untuk Memenuhi Kebutuhan
Produk adalah barang fisik, jasa atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun yang akan meningkatkan produk dimata konsumen, seperti merk.
·        Uji Pemasaran adalah proses pengujian produk diantara pengguna potensial
BAURAN PEMASARAN
Menyenangkan  pelanggan telah menjadi prioritas untuk para pemasar. Sebagian besar dari yang dilakukan orang-orang pemasaran dengan mudah dibagi menjadi empat factor yang disebut dengan empat P untuk memudahkan mereka untuk mengingat dan mengimplementasikannya.
Factor-faktor itu adalah:
1. Produk (product).
2. Harga (price).
3. Tempat (place).
4. Promosi (promotion).
Menerapkan Proses Pemasaran
Manajer pemasaran dan baruan pemasaran: manajer pemasaran harus memilih cara untuk mengimplemasikan empat P dari baruan pemasaran; produk, harga, tempat, dan promosi. Tujuannya untuk menyenangkan pelanggan dan mendapatkan laba.
Proses Pemasaran dengan empat p yaitu:
1. Menemukan peluang
2. Melakukan penelitian
3. Mengidentifikasikan pasar sasaran
4. Merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian
5. Melakukan pengujian produk
6. Menentukan nama merk, merancang kemasan, dan menentukan harga
7. Memilih system distribusi
8. Merancang program promosional
9. Membangun hubungan dengan pelanggan
Merancang Produk untuk Memenuhi Kebutuhan
Produk merupakan barang fisik, jasa, atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun yang akan meningkatkan produk dimata konsumen, seperti merek.
Dalam merancang produk utuk memenuhi kebutuhan dapat dilakukan dengan:
a. Menentukan peluang
b. Melakukan penelitian
c. Mengidentifikasikan pasar sasaran
d. Merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian
e. Melakukan pengujian produk
f. Menentukan nama merek, merancang kemasan dan menentukan harga
g.Menentukan Harga yang Sesuai
h.Membawa Produk ke Tempat yang Tepat
i.Mengembangkan Strategi Promosi yang Efektif
Produk (product) adalah barang fisik, jasa, atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun yang akan meningkatkan produk di mata konsumen, seperti merek. Dalam kasus ini sebagai contoh adalah restoran. Ide yang baik pada titik ini adalah untuk melakukan pengujian konsep.
uji pemasaran (test marketing) Adalah  mengembangkan deskripsi yang akurat tentang perusahaan anda dan menanyai orang-orang, secara pribadi atau online. Kemudian setelah itu anda dapat membawa sebuah produk dari sebuah perusahaan lain dan mencobanya.
Nama merek (brand name) adalah kata, huruf, atau kelompok kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dengan barang dan jasa milik pesaing. Setelah mencakup bauran pertama: produk, bauran berikutnya adalah harga.
Promosi adalah semua teknik yang dilakukan penjual untuk memotivasi orang-orang membeli produk atau jasa mereka.
Proses Penelitian Pemasaran
Proses penelitian pemasaran yang disederhanakan terdiri atas setidaknya empat langkah:
1. Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini, peneliti pemasaran harus diberi kebebasan untuk membantu menemukan situasi saat ini, masalah atau peluang yang ada, alternative yang ada, informasi yang dibutuhkan, dan cara mengumpulkan dan menganalisis data.
2. Mengumpilkan data untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan penting dalam proses penelitian pemasaran. Penellitian dapat jadi sangat mahal, sehingga beberapa keseimbangan harus sering dibuat antara kebutuhan informasi dan biaya untuk mendapatkan informasi tersebut.
3. Menganalisis data penelitian,data yang dikumpulkan dari proses penelitian harus diubah menjadi informasi yang bermanfaat
4. Memilih solusi yang terbaik dan mengimplementasikannya, etelah mengumpulkan dan menganalisis data, peneliti pasar menentukan strategi alternative dan memberikan rekomendasidengan strategi mana yang terbaik dan memberikan alasannya.
Menejer pemasaran harus mengetahui lingkungan sekitar ketika membuat keputusan bauran pemasaran, pemindaian lingkungan (enviromental scanning) adalah proses pengidentifikasian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran. faktor- faktor tersebut mencakup:
1. Faktor global.
2. Faktor tekhnologi.
3. Faktor sosialkultutral.
4. Faktor kompetitif.
5. Faktor ekonomi.
Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis ke Bisnis
·        Pasar Konsumen merupakan semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.
·        Pasar Bisnis ke Bisnis merupakan semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.
Pasar Konsumen
·        Segmentasi pasar adalah proses pengembangan total pasar menjadi kelompok yang anggotanya memiliki karakteristik yang sama.
·        Pemasaran target adalah pemasaran yang ditunjukan pada kelompok-kelompok yang diputuskan oleh organisasi dapat dilayani dengan menguntungkan.
Ada beberapa cara sebuah perusahaan dapat  menyegmentasi pasar konsumen. Adapun beberapa macam segmentasi pasar adalah:
1.       Segmentasi geografis: membagi pasar menurut area geografis.
2.     Segmentasi geogratif: membagi pasar menurut usia, pemasukan, dan tingkat pendidikan.
3.     Segmentasi psikogratis: membagi pasar dengan menggunakan nilai-nilai sikap dan minat kelompok.
4.     Segmentasi manfaat: membagi pasar dengan menentukan manfaat produk yang akan dibicarakan.
5.     Segmentasi volume: membagi pasar menurut penggunaan atau value.
Menjangkau segmen pasar yang lebih kecil
·        Pemasaran pada ceruk adalah proses perencanaan segmen pasar yang kecil, tetapi menguntungkan dan merancang atau mencari produk untuknya.
·        Pemasaran satu untuk satu adalah mengembangkan baruan yang unik akan barang dan jasa umtuk setiap pelanggan individual.
Bergerak Menuju Pemasaran Hubungan 
·        Pemasaran masa berarti mengembangkan produk dan promosi untuk menyenangkan banyak orang.
·        Pemasaran hubungan berarti cenderung menuntun dari produksi massa dan menuju barang dan jasa yang telah dibuat sesuai dengan pesanan.
Proses Pengambilan Keputusan
Beberapa pengaruh yang memengaruhi pembelian konsumen: variable bauran pemasaran (empat P); pengaruh psikologis, seperti presepsi dan sikap; pengaruh situasional.
·        Dan factor-faktor lain yang penting dalam proses pengambilan keputusan meliputi hal-hal berikut:
1. Pembelajaran
2. Kelompok referensi
3. Kultur
4. Subkultural
5. Ketidakcocokan kognitif
·        Proses pengambilan keputusan
1. Pengenalan masalah
2. Pencarian informasi
3. Evaluasi alternatif
4. Keputusan pembelian/atau tidak ada pembelian
5. Evaluasi pasca pembelian (ketiadak cocookan kognitif)
PASAR BISNIS KE BISNIS
Beberapa faktor menjadikan pemasaran B2B berbeda faktor yang lebih penting meliputi:
1. Jumlah pelanggan dalam pasar B2B relatif sedikit, hanya ada sedikit perusahaan konstruksi atau operasi penambangan bial dibandingkan kurang lebih 70 juta rumah di AS.
2. Ukuran pelanggan bisnis relatif lebih besar, berarti, hanya ada sedikit organisasi besar yang bertanggung jawab atas sebagian besar pekerjaan dan produksi berbagai barang dan jasa.
3. Pada B2B cenderung terkonsentrasi secara geografis
4. Pembelian bisnis yang sebelumnya dianggap lebih rasional
5. Penjualan B2B cenderung bersifat langsung, tetapi tidak selalu
6. Ada jauh lebih banyak penekanan pada penjualan pribadi di pasar B2B dari pada dipasar konsumen