Minggu, 21 Oktober 2012

BAB 11 Manajemen Sumber Daya Manusia: Menemukan dan Mempertahankan karyawan terbaik


BAB 11

Manajemen Sumber Daya Manusia: Menemukan dan Mempertahankan karyawan terbaik


·        Manajemen sumber daya manusia adalah proses penentuan kebutuhan sumber daya  manusia dan kemudian perekrutan, penyeleksian, pengembangan, pemotivasian, pengevaluasian, pemberian kompensasi dan penjadwalan karyawan untuk mencapai tujuan organisasional

Mengembangkan Sumber Tertinggi
        Saat ini,pekerjaan manajemen sumber daya manusia menjadi peran yang sama sekali baru dalam perusahaan.Di masa depan, hal ini dapat menjadi fungsi yang paling penting dalam sebuah bisnis orang-orang.
Tantangan Sumber daya Manusia
·        Kekurangan orang yang terlatih dalam bidang-bidang pertumbuhan di masa depan
·        Banyaknya populasi pekerja yang terampil dan tidak terampil dari industri  yang mengalami penurunan
·        Semakin meningkatnya presentase pekerja baru yang kurang terdidik dan tidak siap untuk pekerjaan dalam lingkungan bisnis zaman sekarang
·        Peralihan dalam komposisi angkatan kerja
·        Peralihan dalam sikap karyawan terhadap pekerjaan
Menentukan kebutuhan sumber daya manusia
        5 langkah yang dilibatkan dalam proses perencanaan sumber daya manusia:
·        Mempersiapkan inventaris sumber daya manusia dari karyawan organisasi
·        Mempersiapkan analisis pekerjaan
§         Analisis pekerjaan adalah studi akan apa yang dilakukan oleh para karyawan yang memegang berbagai jabatan pekerjaan
§         Deskripsi pekerjaan adalah Rangkuman akan tujuan pekerjaan, jenis pekerjaan yang harus dilakukan,tanggung jawab dan kewajiban,kondisi kerja dan hubungan pekerjaan dengan fungsi lain
§         Spesifikasi pekerjaan adlah rangkuman tertulis tentang kualifikasi minimum yang dibutuhkan dari para pekerja untuk melakukan pekerjaan tertentu
·        Menilai permintaan sumber daya manusia
·        Menilai persediaan masa depan
·        Membuat rencana strategis
Merekrut Karyawan dari beragam populasi
        Perekrutan adalah rangkaian aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan jumlah orang yang tepat yang memadai pada saat yang tepat
        Tujuannya untuk menyeleksi mereka yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
        Karena perekrutan merupakan tugas sulit yang melibatkan mencari,mempekerjakan,dan melatih orang-orang yang sesuai secara teknis dan social,para manajer sumber daya manusia mencari banyak sumber bantuan.
Sumber-sumber ini dikelompokkan sebagai sumber internal atau eksternal.
Sumber internal meliputi karyawan yang sudah berada di dalam perusahaan dan karyawan yang dapat merekomendasikan orang lain untuk mempekerjakan.
Menyeleksi Karyawan yang akan produktif
        Seleksi adalah proses mengumpulkan informasi dan memutuskan siapa yang harus dipekerjakan dibawah garis pedoman hukum untuk kepentingan terbaik individu tersebut dan organisasi
        Proses seleksi yang umum melibatkan  6 langkah :
·        Mendapatkan formulir lamaran yang lengkap
·        Melakukan wawancara awal dan wawancara lanjutan
·        Memberikan tes pekerjaan
·        Melakukan investigasi latar belakang
·        Mendapatkan hasil dari tes fisik
·        Menentukan periode percobaan(masa percobaan)
Memperkerjakan pekerja kontingen
        Pekerja kontingen adalah pekerja yang tidak memiliki harapan akan pekerjaan purnawaktu yang tetap.
        Pekerja yang seprti ini meliputi:
·        Pekerja paruh waktu(siapapun yang bekerja 1 sampai 34 jam perminggu)
·        Pekerja temporer(pekerja yang dibayar oleh agensi pekerjaan temporer)
·        Pekerja musiman
·        Kontraktor independen
·        Dokter rumah sakit
·        Murid magang
Melatih dan mengembangkan karyawan unttuk kinerja yang optimal
        Pelatihan dan pengembangan adalah semua upaya untuk memperbaiki produktivitas dengan meningkatkan kemampuan bekerja karyawan. Pelatihan berfokus pada ketrampilan jangka pendek, sementara pengembangan berfokus pada jangka panjang
Program pelatihan maupun pengembangan meliputi 3 langkah:
·        kebutuhan pelatihan
·        Merancang aktivitas pelatihan untuk  memenuhi kebutuhan yang diidentifikasikan
·        Mengevaluasi efektivitas pelatihan
        Berikut beberapa aktivitas pelatihan dan pengembangan yang umum:
·        Orientasi Karyawan
Adalah aktivitas yang memperkenalkan karyawan baru pada organisasi;pada teman karyawan;pada penyelia langsung mereka;dan pada kebijaksanaan,praktik dan objektif perusahaan
·        Pelatihan pada pekerjaan
Adalah dimana karyawan dengan segera memulai tugasnya dan belajar dengan melakukan, atau mengamati orang lain untuk sementara waktu dan kemudian meniru mereka,semuanya di tempat kerja
·        Program magang
Adalah program pelatihan yang melibatkan satu periode dimana pelajar bekerja berdampingan dengan seorang karyawan yang berpengalaman untuk menguasai ketrampilan tersebut dan prosedur keahlian
·        Pelatihan diluar pekerjaan
Adalah pelatihan yang dilakukan jauh dari tempat kerja dan terdiri atas program internal atau eksternal untuk mengembangkan berbagai ketrampilan atau untuk memajukan perkembangan pribadi
·        Pelatihan online
Adalah program pelatihan dimana para karyawan menghadiri kelas via internet
·        Pelatihan vestibula
Adalah pelatihan yang dilakukan di kampus dimana karyawan diajari tentang peralatan yang digunakan dalam pekerjaan tersebut
·        Simulasi pekerjaan
Adalah penggunaan peralatan yang meniru kondisi pekerjaan dan tugas, sehingga pengikut latihan dapat mempelajari ketrampilan tersebut sebelum mencobanya dalam pekerjaan
Pengembangan Manajemen
        Pengembangan manajemen adalah proses melatih dan mendidik karyawan untuk menjadi manajer yang baik,dan terus memonitor kemajuan ketrampilan manajerial mereka.
        Sebagian besar program pelatihan mencakup beberapa hal sebagai berikut:
·        Pelatihan pada pekerjaan
·        Posisi cadangan
·        Rotasi pekerjaan
·        Pelatihan dan kursus di luar pekerjaan
Jaringan
        Jaringan adalah proses membangun dan memelihara kontak dengan manajer utama dalam organisasi sendiri dan organisasi lain dan menggunakan kontak itu untuk menjalin hubungan yang kuat yang berfungsi sebagai system perkembangan informal.
        Mentor adalah karyawan yang berpengalaman yang mengawasi,melatih dan membimbing karyawan tingkat rendah dengan memperkenalkan mereka pada orang yang tepat pada umumnya dan sponsor organisasional mereka
Menilai Kinerja Karyawan guna mendapatkan hasil yang optimal
        Penilaian kinerja adalah evaluasi yang mengukur tingkat kinerja karyawan terhadap standar yang sudah ada untuk mengambil keputusan tentang promosi, kompensasi, pelatihan tambahan atau pemecatan.
        Penilaian kinerja terdiri atas 6 langkah:
·        Menentukan standar kinerja
·        Mengkomunikasikan standar tersebut
·        Mengevaluasi kinerja
·        Mendiskusikan hasil dengan karyawan
·        Mengambil tindakan korektif
·        Menggunakan hasilnya untuk mengambil keputusan

Memberikan Kompensasi pada karyawan: menarik dan memelihara yang terbaik
        Program kompensasi dan tunjangan yang telah dilaksanakan dengan saksama dapat mencapai beberapa tujuan:
·        Menarik jenis orang yang dibutukan oleh organisasi dan dalam jumlah yang memadai
·        Member karyawan dorongan untuk bekerja secara efisien dan produktif
·        Mencegah karyawan yang berharga meninggalkan perusahaan dan masuk ke perusahaan pesaing atau memulai perusahaan pesaing
·        Mempertahankan posisi yang kompetitif di pasar dengan cara menekan biaya melalui produktivitas yang tinggi dari angkatan kerja yang puas
·        Member karyawan keamanan financial melalui asuransi dan tunjangan pension
Sistem Bayaran
  • ·        Gaji
Adalah Kompensasi tetap yang dihitung berdassarkan periode bayaran setiap minggu,setiap dua minggu atau setiap bulan
  • ·        Upah setiap jam atau upah harian
Adalah upah yang didasarkan pada jumlah jam atau hari kerja digunakan untuk sebagian besar pekerja administrasi dan pekerja industri
  • ·        System pekerjaan yang dibayar menurut hasil yang dikerjakan
Adalah upah didasarkan pada jumlah barang yang diproduksi daripada jam atau hari
  • ·        Rencana komisi
Adalah bayaran pada presentase penjualan
  • ·        Rencana bonus
Adalah  bayaran ekstra untuk mencapai atau melebihi tujuan-tujuan tertentu
  • ·        Rencana pembagian laba
Adalah bonus tahuna yang diberikan pada karyawan berdasarkan pada laba perusahaan
  • ·        Rencana pembagian keuntungan
Adalah bonus tahunan yang diberikan pada karyawan berdasarkan pada pencapaian tujuan tertentu sebagai ukuran kualitas,ukuran kepuasan pelanggan dan target produksi
  • ·        Opsi saham
Adalah hak untuk membeli saham dalam perusahaan pada harga tertentu selama periode waktu tertentu
Tunjangan Tambahan
        Tunjangan tambahan seperti upah cuti sakit,upah liburan,rencana pension dan rencana kesehatan yang mewakili kompensasi tambahan untuk para karyawwan diluar upah dasar

        Tunjangan tambahan gaya kafetaria yaitu rencana tunjangan tambahan yang memungkinkan karyawan untuk memilih tunjangan yang mereka inginkan sampai dengan jumlah uang tertentu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar