Minggu, 21 Oktober 2012



 BAB 18

 MANAJEMEN KEUANGAN 

Peran keuangan dan manajer keuangan

  • Keuangan (finance) adalah fungsi dari sebuah bisnis yang menangani perolehan dana bagi perusahaan dan pengelolaan dana tersebut didalam perusahaan.
  • Manajemen keuangan (finance management) adalah pekerjaan mengelola sumber daya perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya.
  • Manajer keuangan (finance managers) menilai data keuangan yang disiapkan akuntan dan membuat rekomendasi bagi manajemen tingkat atas mengenai strategi-strategiuntuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.
  • Manajemen keuangan dapat juga ditangani oleh seseorang yang menjabat sebagai treasurer perusahaan atau wakil direktur keuangan.tugas seorang manajer ada dua tanguung jawab utama yaitu untuk mendapatkan dana dan untuk mengendalikan penggunaan dana tersebut secara efektif. Pengendalian dana mencakup pengelolaan kas perusahaan, akun kredit (piutang), dan persediaan.
  • Ada 3 penyebab utama bagi perusahaan untuk gagal secara keuangan yaitu :
1. Kekurangan modal atau undercapitalization (tidak memiliki cukup dana untuk memulai bisnis)
2. Pengendalian arus kas yang buruk
3. Pengendalian biaya yang tidak memadai
Hal-hal yang dapat dilakukan oleh manajer keuangan adalah
  1. melakukan auditing
  2. mengelola pajak
  3. memberikan saran bagi manajemen tingkat atas mengenai hal-hal keuangan
  4. mengumpulkan dana (manajemen kredit)
  5. mengendalikan dana (manajemen dana)
  6. memperoleh dana
  7. menyusun anggaran
  8. melakukan perencanaan
 PERENCANAAN KEUANGAN
Perencanaan keuangan meliputi tiga langkah:
1. Memproyeksikan kebutuhan keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang
2. Menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut
3. Mengembangkan kendali keuangan untuk melihat seberapa baik perusahaan dalam menjalankan hal-hal yang telah ditetapkan harus dilakukan.
Memproyeksikan kebutuhan Keuangan
Proyeksi jangka pendek (short-term forecast) memprediksi pendapatan,biaya, dan beban untuk periode satu tahun atau kurang.
Proyeksi arus kas (cash flow forecast) yang memprediksi arus kas masuk dan keluar dalam periode mendatang.
Proyeksi jangka panjang (long-term forecast) memprediksi pendapatan, biaya, dan beban untuk periode lebih lama dari 1 tahun dan terkadang selama 5 atau 10 tahun mendatang.
Bekerja dengan proses anggaran
Anggaran (budget) menjelaskan harapan-harapan manajemen atas pendapatan dan dengan dasar harapan-harapan tersebut mengalokasikan penggunaan sumber daya tertentu diseluruh perusahaan.
Ada beberapa tipe anggaran yang dikembangkan didalam rencana keuangan perusahaan :
1. Anggaran Modal
2. Anggaran Kas
3. Anggaran Operasional (master)
Anggaran Modal (Capital Budget) menyoroti rencana pengeluaran perusahaan untuk pembelian aset” utama yang sering kali memerlukan jumlah uang yang sangat besar.
Anggaran Kas (cash budget) memperkirakan proyeksi arus kas masuk dan keluar yang dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui kekurangan atau kelebihan kas selama periode tertentu.
Anggaran Operasional atau Anggaran Master (Operating Budget or Master Budget) menngikat erat semua anggaran perusahaan lainnya dan meringkas aktivitas keuangan bisnis yang direncanakan.
Mengembangkan Kendali Keuangan
Kendali Keuangan (financial control)adalah proses dimana sebuah perusahaan secara rutin membandingkan pendapatan, biaya, dan beban aktualnya dengan anggarannya.
KEBUTUHAN AKAN DANA OPERASIONAL
Semua organisasi memiliki kebutuhan operasional tertentu yang mana dana harus tersedia. Area area inti mencakup :
· Mengelola kebutuhan sehari-hari bisnis
· Mengendalikan operasional kredit
· Memperoleh persediaan yang dibutuhkan
· Melakukan pengeluaran modal (Capital expenditure) merupakan investasi utama, baik pada aset berwujud tanah,gedung dan peralatan maupun aset tak berwujud.
 memperoleh pendanaan jangka pendek
 kita dapat memperolehnya dengan cara kredit dagang adalah praktik membeli barang atau jasa dari perusahaan-perusahaan, keluarga dan teman, bank komersial, pinjaman dengan anggunan maksudnya suatu pinjaman yang didukung oleh sesuatu yang bernilai seperti properti, pinjaman tanpa anggunan maksudnya suatu pinjaman yang tidak didukung oleh aset tertentu apa pun, anjak piutang adalah proses menjual piutang usaha untuk memperoleh kas, surat utang komersial merupakan surat sanggup bayar tanpa anggunan, kartu kredit.
Memperoleh pendanaan jangka panjang dengan cara
1.Pendanaan Utang, meliputi:
a. Pendanaan utang meminjam utang dari lembaga pinjaman
b. Pendanaan utang menerbitkan obligasi yang merupakansurat hutang yang diterbitkan oleh     perusahaan lokal, asing dan lain-lain. Mekanismenya semacam bursa saham dan kewajibannya untuk melunasi dalam jangka waktu tertentu.
2. Pendanaan Ekuitas
a. Pendanaan ekuitas dengan menjual saham
b. Pendanaan ekuitas dari saldo laba
c. Pembiayaan ekuitas dari modal ventura, modal ventura adalah uang yang diinvestasikan ke perusahaan baru atau sedang tumbuh yang dipersepsikan memiliki potensi laba yang besar.
Memperoleh dana yang dibutuhkan dengan cara meminjam untuk meningkatkan tingkat pengembalian perusahaan disebut pengukit. Perusahaan sangat peduli dengan biaya modal. Biaya modal adalah tingkat pengembalian yang  harus diperoleh perusahaan untuk memenuhi permintaan dari pemberi pinjaman dan harapan dari pemegang ekuitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar