Kamis, 06 Desember 2012

MATERI 7 : Bab 1 Manajemen Inovatif di Masa Sulit



Manajemen (management) adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui  perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya-sumber daya organisasional.
Manajer  adalah fungsi ekseklusif dari organisasi membangun dan mengkoordinasikan dan seluruh sistem menciptakan sistem dan kondisi yang kemungkinan orang lain untuk melakukan tugas-tugas untuk sistem yang tepat dan lingkungan, manajer memastikan  bahwa departemen atau organisasi akan tetap berjalan dan berkembang.
·         Empat Fungsi Manajemen:
1.       Perencanaan (planning) berarti mengidentifikasi berbagai tujuan intuk kinerja organisasi dimasa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya,
2.       Pengelolaan (organizing) mencakup menentukan tugas, mengelompokkan tugas, mendelegasikan otoritas, dan mengalokasikan sumber daya diseluruh organisasi.
3.       Kepemimpinan (leading) berarti menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan guna mencapai tujuan-tujuan organisasional.
4.       Pengendalian (controlling) berarti memonitori aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi sejalan dengan tujuannya dan membuat koreksi jika diperlukan.

·         Kinerja Organisasional
Organisasi (organization) dapat diartikan sebagai suatu entitas sosial yang  diarahkan oleh tujuan dan  terstruktur.
Efektif dalam organisisa berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang diterapkan, atau berhasil mencapai apa pun yang coba dikerjakannya
Efisien dalam organisasi adalah jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisaional

·         Keterampilan Manajemen
1.       Keterampilan konseptual adalah kemampuan kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu sistem utuh dan hubungan antar bagiannya. Mencakup pemikiran, pemrosesan informasi, dan kemampuan perencanaan manajer.

2.       Keterampilan interpersonal adalah kemampuan manajer untuk bekerja dengan dan melalui orang lain, serta bekerja secara efektif sebagai anggota tim.

3.       Keterampilan teknis adalah pemahaman dan penguasaan dalam melaksanakan tugas tertentu. Mencakup penguasaan metode, teknik, dan peralatan yang di gunakan dalam fungsi-fungsi tertantu seperti rekayasa, manufaktur, atau keuangan.

·         Jenis-Jenis Manajemen
Perbedaan Vertikal
1.       Manajer puncak
adalah Manajer yang berada di tingkat teratas hierarki organisasi dan bertanggung jawab tarhadap keseluruan organisasi.
2.       Manajer tingkat menengah
adalah Manajer yang berada di tiungkat menengah organisasi dan bertanggung jawab untuk unit-unit bisnis dan departemen-departemen utama.
3.       Manajer lini pertama
Bertanggung jawab secara langsung terhadap produksi barang dan jasa.

Perbedaan horizontal
1)      Manajer fungsional bertannggung jawab bagi departemen-departemen yang mengerjakan tugas fungsioanl tunggal dan memiliki karyawan dengan pelatihan dan keterampilan yang serupa.
2)      Manajer umum bertanggung jawab bagi sejumlah deparmen yang mengerjakan beragam fungsi.

·         Peran (role) Manajer adalah sejumlah ekspektasi terhadap perilaku manajer. Tiga kategori konseptual :
1)      Peran informasi adalah berbagai aktivitas yang di lakukan untuk merawat dan membangun jaringan informasi.
2)      Peran interpersonal berkenaan dengan hubungan orang lain dan berkaitan dengan keterampilan interpersonal yang telah di bahas
3)      Peran keputusan berkenaan dengan barbagai peristiwa yang di dalamnya manajer harus menentukan sikap dan mengambil tindakan.
·         Manajemen Dan Tempat Kerja Baru
a)      Karakteristik Tempat Kerja Baru
Karakteristik utama tempat kerja baru adalah digitalisasi bisnis, yang telah menubah cara kerja, karyawan, dan tempat kerja itu sendiri secara radikal.
b)      Kompetensi Manajemen Baru
Para manajer harus memikirkan kembali pendekatan mereka dalam mengorganisasikan, mengarahkan, dan memotivasi para karyawan. Para manajer terbaik hari ini meninggalkan pola pikir perintah dan kendalikan mereka guna berfokus untuk melatih dan membimbing, menciptakan organisasi yang cepat, fleksibel, onovatif, dan berorientasi hubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar