Manajemen Strategis adalah
serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan
melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara
perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
Strategi adalah rancana tindakan
yang menerangkan tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivitas untuk
menghadapi lingkungan, memperoleh keungggulan bersaing, dan mencapai tujuan
perusahaan.
Keunggulan bersaing adalah hal
yang membedakan suatu perusahaan dari perusahaan lain dan memberi ciri khas
bagi perusahaan untuk memenuhi kebetuhan pasar konsumen.
Kompetensi Dasar adalah sesuatu
yang dilakukan perusahan dengan sangat baik dibanding pesaingnya. Karena
perusahaan memiliki keahlihan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya.
·
Tujuan strategi :
1.
Memanfaatkan Kompetensi Dasar
2.
Sinergi
3.
Memberikan Nilai
·
Tiga Tingkatan Strategi :
1.
Strategi Tingkat Perusahaan
2.
Strategi Tingkat Usaha
3.
Strategi Tingkat Fungsi
·
Proses Manajemen Strategis
1.
Perumusan Versus Pelaksanaan Srategi
Perumusan Strategi adalah tahap manajemen
strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai
tujuan perusahaan, serta membuat rencana strategis spesifik
Pelaksanaan strategi yaitu penggunaan
sarana menejerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya
agar dapat mencapai tujuan strategis.
2.
Analisis SWOT
adalah analisis terhadap terhadap kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan.
3.
Kekuatan dan Kelemahan Internal
Kekuatan adalah karateristik internal
positif yang dapat di manfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan kinerja
strategisnya
Kelemahan adalah karateristik internal yang
dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan.
4.
Kekuatan dan Ancaman Eksternal
Kekuatan adalah karateristik lingkungan
eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan
strategisnya.
Ancaman adalah karateristik lingkungan
eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan strategisnya.
·
Merumuskan Strategi Tingkat Perusahaan
1)
Strategi portofolio
adalah gabungan unit usaha dan lini produk
perusahaan yang berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keunggulan
bersaing bagi perusahaan.
2)
Matriks BCG
Matriks BCG adalah konsep yang digagas oleh
Boston Consulting Group untuk mengevaluasi dimensi tingkat pertumbuhan usaha
dan pangsa pasar dari unit-unit usaha strategis.
3)
Strategi Diversifikasi
Diversifikasi adalah Strategi beralih ke
jenis usaha baru, seperti yang dilakukan GE di bidang kesehatan, keuangan, dan
energi alternatif. Tujuannya untuk memperluas usaha perusahaan dalam rangka
menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berharga.
·
Lima Kekuatan Kompetitif Porter :
1. Potensi pesaing baru
2. Daya tawar pembeli
3. Daya tawar pemasok
4. Ancaman produk penggnti
5. Persaingan antarkompetitor
Kemampuan Dinamis berarti bahwa para
manajer berfokus pada melakukan lebih banyak upaya peningkatan dan pengembangan
dengan memanfaatkan aset, kemampuan, dan kompetensi yang sudah dimiliki
perusahaan guna memperoleh keunggulan bersaing yang terjaga.
·
Tips Penerapan Strategi secara Efektif :
1. Membangun komitmen terhadap strategi
2. Menyusun rencana penerapan yang jelas
3. Memperhatikan budaya
4. Memenfaatkan pengetahuan dan keahlian
pegawai
5. Komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar