Kamis, 06 Desember 2012

MATERI 8 : BAB 6 PERENCANAAN MANAJERIAL DAN PENETAPAN TUJUAN


Tujuan didefinisikan sebagai kondisi di masa depan yang di inginkan dan coba diwujudkan oleh perusahaan.
Rencana adalah cetak biru yang digunakan untuk mencapai tujuan dan menentukan alokasi sumber daya, waktu, tugas, serta tindakan lain yang diperlukan.
·         Manfaat tujuan dan rencana
1.       legitimasi
2.       Sumber motivasi dan komitmen
3.       Alokasi sumber daya
4.       Panduan tindakan
5.       Dasar pengambilan keputusan
6.       Standar kinerja
Misi(mission) adalah dasar keberadaan perusahaan, berada di puncak hierarki tujuan. Misi menjabarkan nilai-nilai, cita-cita, dan dasar keberadaan perusahaan.
Pernyataan misi(mission statement) adalah gambaran umum tujuan yang membedakan suatu perusahaan dari perusahaan lain yang sejenis.
Tujuan taktis (tactical goal) yaitu hasil-hasil yang hendak dicapai oleh divisi-divisi dan departemen-departemen utama di perusahaan.
Rencana taktis (tactical plan) dibuat untuk membantu melaksanakan rencana strategis utama dan mencapai bagian tertentu dari strategi perusahaan.
Tujuan operasional adalah hasil yang diharapkan dari departemen, kelompok kerja, dan individu pegawai, bersifat pasti dan terukur.
Rencana operasional disusun di tingkat perusahaan yang lebih rendah untuk menentukan langkah-langkah dan tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan operasional dan untuk mendukung rencana taktis.
Peta strategi adalah gambaran visual dari faktor-faktor penting pendorong kesuksesan perusahaan yang menunjukan hubungan antara tujuan dan rencana spesifik di setiap bidang.
Kriteria tujuan efektif :
- Spesifik dan terukur
- Memiliki jangka waktu yang pasti
- Mancakup hasil-hasil penting
- Menantang terapi realitis
- Dikaitkan dengan imbalan
Manajemen bersasaran adalah sistem yang digunakan oleh manajer dan pegawai untuk menentukan tujuan bagi setiap departemen, proyek, maupun personel, serta menggunakan mereka untuk memonnitor kinerja selanjutnya.
·         Kegiatan utama menyukseskan manajemen bersasaran, yaitu :
1. Menetapkan tujuan
2. Membuat rencana tindakan
3. Mengevaluasi kemajuan
4. Menilai kinerja secara keseluruhan
Rencana sekali pakai adalahuntuk mencapai sejumlah tujuan yang kemungkinann tidak berulang di masa depan.
Rencana tetap adalah rencana berkelanjutan yang memberi panduan melakukan dan mengatasi tugas atau situasi yang terjadi secara berulang di perusahaan.
·         Tiga metode perencanaan :
1.       Perencanaan kontigensi
Rencana kontigensi adalah respon perusahaan ketika mangalami kondisi darurat, kemerosotan, maupun situasi tak terduga.
2.       Pembuatan scenario
Pembuatan skenario adalah langkah-langkah untuk mengamati tren dan ketidaksinambungan yang sedang terjadi, serta memvisualisasikan kemungkinan-kemungkinan yang lebih baikm di masa depan.
3. Perencanaan krisis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar